poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Udang Sehat Buat Jantung


Jakarta – Udang balado, udang bakar atau udang saus tiram? Hampir semua orang doyan seafood yang satu ini. Kalau selama ini udang jadi biang kerok kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mulailah berpikir ulang. Si gurih yang enak ini ternyata kaya manfaat. Mau tahu?

Gara-gara kadar kolestrol darah naik maka semua seafood dihindari. Inilah yang sering dilakukan orang. Padahal udang bukan biang kerok kolesterol darah jadi naik. Salah satu seafood yang banyak penggemar ini banyak manfaatnya.

Karena udang memiliki kandungan lemak atau kolesterol yang rendah, mengandung protein dan asam amino esensial. Tentunya bukan hanya gurih-gurih enak udang juga punya sejumlah khasiat.

Sebuah studi pada tahun 1996 “American Journal of Clinical Nutrition”, mengungkapkan bahwa konsumsi beberapa ekor udang memegang peran dalam diet jantung sehat dan dapat menurunkan kadar kolestrol jahat. Selain baik untuk jantung, udang juga memiliki lebih dari 18 vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Udang juga mengandung vitamin D, B12, dan Omega 3, yang  berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu sejumlah zat gizi berikut ini juga ada pada udang.

Vitamin B
Udang memiliki 8 vitamin yang membentuk vitamin B. A3-oz. Udang memiliki 2% RDA untuk Tiamin dan Riboflavin. 1% untuk folat dan 3% untuk asam pantotenat. Juga mengandung  21% RDA untuk vitamin B12 dan 11% untuk vitamin B6. Kekurangan kedua vitamin ini akan menyebabkan anemia.

Macrominerals
Tubuh membutuhkan mineral. Seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan natrium yang tinggi. Semua itu disebut macrominerals. A3-oz pada udang terdapat 3%dari RDA untuk kalsium, 7% untuk natrium. Kandungan macromineral yang terdapat pada udang berfungsi mengatur keseimbangan cairan dan menjaga kesehatan tulang.

Mineral
Tubuh membutuhkan mineral untuk membantu memproduksi sel darah merah. Udang memiliki 9% RDA untuk zinc, 8% zat tembaga, 15% zat besi dan 1%manganese. Selain itu udang juga memiliki 48% RDA untuk selenium, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Jika jika gemar makan udang, sebaiknya dimakan dengan kulitnya. Sebab kulit udang mengandung glucosamine yang bermanfaat membantu pembentukan tulang rawan pada persendian. Mencegah nyeri atau pengapuran. Nah, tak ada alasan lagi untuk tidak makan udang yang gurih enak bukan?

April 15, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: