poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Anggur Ampuh Atasi Asma dan Sembelit


Jakarta – Buah anggur yang berwarna hijau, ungu atau hitam sering disajikan sebagai buah segar atau hiasan kue. Dengan menyantap beberapa butir anggur ini, ada beragam jenis penyakit bisa dicegah. Jadi, seringlah makan si asam manis dan segar ini!

Sedang tak enak perut? Cobalah makan beberapa butir buah anggur segar. Buah ini rasanya asam, manis segar dan bisa memberi energi instan. Selain itu juga kaya akan vitamin A, C, B 6, asam folat dan sejumlah mineral penting seperti potassium, klasium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium.

Buah anggur baik yang kuning, hijau, ungu atau hitam kaya akan flavanoid yaitu zat anti radikal bebas. Zat ini bisa menghambat penuaan dini dan memperbaiki sel-sel rusak akibat radikal bebas. Karena itu sering dianjurkan untuk makan buah anggur segar jika ingin awet muda.

Buah anggur yang dikeringkan seperti kismis dan sultana juga mengandung nutrisi untuk mencegah sembelit, demam, lemah syahwat, menjaga berat badan dan membuat mata sehat. Sedangkan anggur segar bisa mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, letih, gangguan ginjal dan mencegah katarak.

Seperti yang dilansir iDiva  buah segar  ini  berkhasiat banyak untuk kesehatan, di antaranya:

Asma

Anggur memiliki daya asimilasi yang baik yang meningkatkan kelembapan paru-paru.

Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang kuat sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi.

Alzhaeimer
Anggur mampu meningkatkan kesehatan otak dan menjaganya dari serangan penyakit seperti Alzheimer. Sebab, anggur mengandung resveratol, polifenol yang  mengurangi tingkat amyloidal-beta peptides pada penderita Alzheimer.

Kanker payudara
Jus anggur ungu mampu mencegah kanker payudara yang secara signifikan karena mampu mengurangi massa tumor pada payudara.

Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa yang mampu dijadikan sebagai obat pencahar. Juga dapat meringankan sembelit yang kronis karena bisa membersihkan usus dan perut.

Keletihan

Jus anggur mengandung energi instan. Selain itu jus anggur putih juga kaya akan zat besi yang dapat  mengurangi rasa letih.

Penyakit jantung
Buah anggur dapat meningkatkan oksida nitrat yang bermanfaat mencegah gumpalan darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga menghentikan oksidasi kolesterol LDL alias kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah.

Gangguan pencernaan
Ketika orang menderita gangguan pencernaan, biasanya anggur menjadi pilihan. Sebab, buah ini merupakan camilan sehat yang dapat meringankan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

Migran
Minumi jus anggur murni (tanpa campuran air) di pagi hari mampu menyembuhkan migran.

Gangguan ginjal
Anggur mampu mengurangi asam pada sistem ginjal sehingga kerja ginjal menjadi lebih ringan.

April 15, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: