poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Cara Mudah Compress Video dengan Windows Movie Maker


Tak perlu diragukan lagi, kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teknologi kita bisa berbagi kebahagian dengan orang lain dimana saja dia berada. Tidak ada batasan wilayah antara satu dengan yang lain.

Diantara manfaat yang dapat kita ambil dari teknologi, kita bisa berbagi video dengan orang lain melalui video online atau video streaming dengan memanfaatkan koneksi internet. Meskipun demikian, kita masih perlu untuk mengefektifkan video online kita dapat dilihat secara cepat dan mudah oleh yang lain. Salah satunya adalah dengan cara memperkecil file video yang akan kita sharing dengan yang lain supaya mempunyai kapasitas sekecil mungkin.

Tidak perlu mencari sebuah aplikasi pihak ketiga untuk meng-compress sebuah file video karena windows sendiri sudah menyediakan aplikasi yang berguna untuk meng-compress file video. Aplikasi tersebut adalah Windows Movie Maker, yang sudah disertakan pada windows XP maupun Windows Vista. Jika karena alasan tertentu pada komputer anda belum disertakan Windows Movie Maker, anda bisa men-downlodnya di official website Microsoft.

Pada tutorial kali ini, kami berikan contoh sebuah file yang akan di compress. File video dengan format AVI tersebut berkapasitas 61.8 MB.

Pertama, buka Windows Movie Maker. Klik Import Video pada panel bagian kiri.

Pilih video mana yang akan di compress dan di import ke Windows Movie Maker. Kemudian  “Drag timeline” dari file video tersebut sesuai dengan keinginan anda.

Jika ingin menambahkan sesuatu seperti efek video, suara atau yang lain, lakukan dan buka imaginasi anda dengan video tersebut. Kemudian lanjutkan dengan klik menu File dan pilih Save Movie File.

Pilih dimana anda ingin menyimpan file hasil compress-an nantinya.

Ketika masuk pada pilihan Movie Setting, pilih Other Settings dan pilih Video for broadband (340 Kbps). Untuk pilihan ini, tentukan sesuai dengan kondisi kecepatan akses internet. Semakin kecil ukuran Kbps, maka semakin kecil juga hasil compress-an file yang akan tersimpan, tetapi tentunya akan mengurasi kualitas dari video tersebut.

Klik tombol Next untuk memulai meng-compress file video. Tunggu beberapa saat sampai proses compress file selesai.

Hasilnya, file video menjadi lebih kecil dan dapat anda upload ke YouTube atau layanan video online yang lain. Anda juga dapat menyertakannya dalam sebuah email dan mengirimkannya ke teman, rekan kerja atau keluarga anda yang kebetulan jauh dari tempat tinggal anda.

Kesimpulan :

Tidak perlu susah-susah mencari aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-compress file video. Windows sudah menyediakan aplikasi yang bagus untuk meng-compress file. Meskipun bukan yang terbaik, aplikasi ini cukup powefull untuk mengedit file video yang anda miliki.

April 12, 2011 - Posted by | komputer/laptop

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: