poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Yuk, Minum Susu Tiap Hari!


Yuk, Minum Susu Tiap Hari!
Jakarta – Apakah Anda selalu minum susu setiap hari? Susu tak hanya baik bagi pertumbuahan anak namun juga orang dewasa. Sejak dicanangkannya hari Susu Nasional oleh pemerintah, masyarakat diharapkan lebih sadar akan pentingnya dan manfaat susu. Namun mengapa konsumsi susu di Indonesia masih termasuk dalam kategori rendah?

Sejak ditetapkannya 1 Juni sebagai hari Susu Nasional, berbagai kampanye pencanangan minum susu baik oleh pemerintah maupun beberapa produsen susu mulai digalakkan. Mengapa susu begitu penting dan apa manfaatnya jika mengkonsumi susu?  Dan apa yang menjadi latar-belakang ditetapkannya hari Susu Nasional?

Untuk mencapai tumbuh kembang yang sempurna baik anak-anak dan orang dewasa memerlukan asupan gizi yang seimbang. Dimana untuk pemenuhan gizi seimbang tersebut ada 5 zat yang dibutuhkan tubuh tak kurang dan tak lebih, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Susu sendiri adalah salah satu mineral yang mengandung 3 (protein, vitamin, mineral) dari zat gizi tersebut selain kalsium.

Untuk vitamin dan mineral, susu setidaknya mengandung vitamin A, zat besi, dan kalsium yang menguatkan tulang. Sedangkan protein dalam susu ikut membantu mengganti bagian rusak pada tubuh dan memproduksi hormon dan enzim dalam tubuh. Tak heran jika anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu.

Di pasaran ada beberapa jenis susu yang telah kita kenal dan konsumsi sehari-hari. Berdasarkan proses pembuatannya, susu dapat dibedakan menjadi 6 jenis yaitu susu segar, susu UHT, susu bubuk, susu kental manis, susu pasteurisasi, dan susu steril. Meskipun diantaranya susu segar adalah yang terbaik untuk dikonsumsi.

Ternyata rendahnya konsumsi susu di Indonesia menjadi salah satu alasan ditetapkannya hari Susu Nasional. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat susu dan mahalnya harga susu yang dijual di pasaran. Mungkin hal inilah pula yang harus menjadi perhatian utama pemerintah saat ini.

Apalagi jika dilihat dari tingkat konsumsi susu nasional. Menurut data Tetra Pak Indonesia tahun 2008 konsumsi susu nasional hanya sebesar 10 liter/kapita per tahun. Data tersebut cukup rendah dan jauh tertinggal dibandingkan konsumsi susu negara-negara lainnya seperti Vietnam yang mencapai 12 liter/kapita per tahun dan Malaysia yang mencapai 30 liter/kapita per tahun.

Oleh karena itu mari kita bantu sukseskan kampanye Susu Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Sebab meminum susu setiap hari dapat meningkatkan kecerdasan dan menciptakan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Jadi sudahkah Anda minum susu hari ini?

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: