poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Wortel dan Telur Bikin Rambut Sehat


Wortel dan Telur Bikin Rambut Sehat
Jakarta – Ingin memiliki rambut yang sehat dan indah? Selain dengan perawatan rambut teratur dan hidup sehat, makanan sehatpun bisa membuat rambut cantik dan sehat. Semuanya ada dalam bahan makanan sehari-hari. Apa saja ya?

Rambut sehat indah berkilau dambaan semua orang. Bukan hanya perawatan dari luar saja, perawatan dari dalampun sangat diperlukan. Dengan makan makanan yang tepat, rambut indah, sehat berkilau bisa didapat.

Rambut tumbuh sekitar 0.6 cm – 1.25 cm setiap bulan. Makan makanan dengan gizi seimbang yang meliputi banyak protein, zat besi, vitamin dan mineral akan membuat rambut tumbuh sehat dan berkilau.

Sumber nutrisi seperti omega-3 dan asam lemak, vitamin A, B, C dan D, seng dan zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk rambut tumbuh sehat.  Asam lemak omega 3 membuat kulit kepala  sehat. Jika kekurangan ini kulit kepala tidak kering dan rambutpun kusam. Vitamin A dan C membuat kelenjar minyak aktif dan membentuk pelembap alami buat rambut.

Beberapa jenis sumber nutrisi berikut ini bisa dikonsumsi secara teratur agar rambut selalu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Kalau dikonsumsi secara teratur tentu saja rambut sehat sepanjang waktu bakal Anda miliki.

Ikan Laut

Ikan salmon dan tuna serta berbagai jenis seafood sangat kaya akan omega 3.  Jika Anda vegetarian, bisa menggantinya dengan  1 atau 2 sdm flaxseed dalam makanan harian.

Daging dan Sayuran
Vitamin bisa diperoleh dari produk hewani seperti  pada ayam, susu, hati sapi. Sedangkan yang dari tumbuhan dalam bentuk betakaroten, alphacarotene dan betacryptoxanthin. Bisa didapat pada wortel, bayam, kangkung, mangga, pepaya, tomat, dan oatmeal. Selain itu untuk vitamin B,  ada pada kubis, kedelai, kacang – kacangan, telur, beras merah dan gandum yang mengandung biotin atau vitamin B7 kompleks. Sedangkan untuk vitamin C, bisa ditemui pada buah jeruk dan lemon, kentang serta brokoli. Untuk vitamin E, bisa didapat pada kiwi, bayam, tomat dan almond.

Makanan kaya zat besi dan seng

Untuk menambah asupan zat besi bisa mengkonsumsi daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau gelap (bayam), buah kering (kismis), ampela ayam, kerang dan scallop. Sedangkan untuk seng (zinc) bisa didapat dari daging sapi, kepiting, daging babi, sereal, ayam, dan kacang panggang.

Jika minum suplemen vitamin dan mineral, sebaiknya minum sesuai takaran terutama jika Anda sudah makan dengan takaran gizi seimbang. Menurut Eliezer Rachmilewitz, MD, dari Edith Wolfson Medical Center, Holon, Israel, mengkonsumsi zat besi terlalu banyak  bisa membuat sel rambut mati dan rambut jadi rusak.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: