poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Tidak Semua Diet Sehat Untuk Jantung


Tidak Semua Diet Sehat Untuk Jantung
Jakarta – Anda sedang berusaha mengurangi konsumsi lemak demi jantung sehat? Berhati-hatilah memilih makanan. Karena ternyata tidak semua makanan dan cara diet yang dinyatakan sehat untuk jantung benar-benar sehat. Hanya sebagian yang menunjukkan bukti kuat bisa menurunkan resiko penyakit jantung! Mengapa justru diet Mediterania yang bagus buat jantung?

Para peneliti mengkaji ulang penelitian yang sudah dilakukan 50 tahun lebih terhadap diet dan penyakit jantung. Mereka menemukan bahwa diet berpola Mediterania dengan banyak mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan dan ikan memberi bukti kuat berperan dalam menurunkan resiko penyakit jantung.

Sebaliknya, makan makanan gaya Barat yang tinggi kandungan asam lemak trans, atau makanan yang tinggi indeks glycemicnya justru menaikkan resiko penyakit jantung. Makanan yang tinggi kandungan asam lemak transnya misalnya makanan olahan dan gorengan.  tinggi. Sedangkan makanan yang indeks glycemicnya tinggi bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah termasuk roti tawar (white bread), pasta dan nasi.

Beberapa faktor diet lainnya seperti asam lemak Omega 3 yang ada pada ikan, bijian utuh, alkohol, vitamin E dan C, betakaroten, folat, buah dan serat, menunjukkan cukup bukti sebagai pendukung jantung sehat. Namun lebih banyak riset diperlukan untuk membuktikan hubungan antara faktor diet dan resiko penyakit jantung.

Ulasan tentang diet dan penyakit jantung yang dilakukan Andrew Mente, PhD dari Population Health Research Institute dipublikasikan di Archives of Internal Medicine. Para peneliti menganalisa 146 kasus yang mengacu pada kebiasaan makan dalam kelompok orang dengan resiko penyakit jantung. Kemudian dibandingkan dengan 43 kasus yang menjalani diet atau grup pembanding untuk mengukur efek resiko penyakit jantung. Peneliti menyatukan hasil penelitian dan kemudian mengukur  kekuatan dibalik berbagai klaim diet jantung sehat.

Penelitian ini menunjukkan hanya 3 faktor diet khusus memiliki bukti kuat sebagai penakluk penyakit jantung:

  • Diet kaya sayuran
  • Makan kacang-kacangan yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal seperti walnut dan kacang-kacangan lainnya.
  • Menganut diet gaya Mideterania yang kaya sayuran, umbi-umbian, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, keju atau yoghurt dan ikan.

Dari yang disebutkan di atas tadi hanya diet gaya Mediterania yang secara acak menunjukkan manfaatnya dalam mengurangi resiko penyakit jantung.

Peneliti juga menemukan bukti kuat dibalik efek negatif dari faktor diet untuk mengurangi resiko penyakit jantung ini:

  • Menganut diet gaya Barat yang sarat daging olahan, daging merah, mentega, bijian yang dikupas dan produk susu tinggi lemak.
  • Makanan dengan indeks glycemic yang tinggi.
  • Asam lemak trans.

Sebagai kesimpulan akhir dari peneliti, faktor diet tersebut ‘terlalu sederhana untuk disimpulkan’. Makanan yang sehat dan bergizi bagus menjadi penunjang kuat bagi jantung yang sehat.

Iklan

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: