poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Teh Cegah Kanker Indung Telur


Teh Cegah Kanker Indung Telur
Jakarta – Apakah Anda termasuk penggemar teh? Selalu minum dua cangkir teh tiap pagi? Anda bisa berlega hati karena ternyata teh hitam memiliki khasiat mencegah tumbuhnya sel kanker indung telur pada wanita. Coba saja simak hasil riset terakhir ini!

Tim peneliti di Swedia menyimpulkan bahwa mengkonsumsi teh dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit kanker indung telur. Penelitian di Karolinska Institute menemukan fakta jika mengkonsumsi dua cangkir teh sehari mampu mengurangi resiko terkena kanker hingga 50%. Karena teh mangandung antioksidan yang dapat menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Para tim peneliti ini melakukan survei pada 60000 wanita, dan ternyata 301 di antaranya memiliki resiko menderita kanker indung telur. The Archives of International Medicine Study menginginkan diadakannya penelitian lebih lanjut. Karena beberapa ahli di Inggris masih belum menemukan fakta tentang kebenarannya.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya telah membuktikan teh membantu mencegah penyebaran ataupun mengurangi resiko timbulnya berbagai jenis kanker serta mendorong meningkatkan kemampuan daya ingat.

Prof. Tim Key, peneliti penyakit kanker di Inggris mengatakan tidak ada fakta yang jelas tentang pengaruh diet terhadap penyakit kanker. Tetapi studi yang dilakukan di Swedia dalah yang pertama yang secara khusus meneliti keterhubungan antara mengkonsumsi teh dengan resiko kanker indung telur.

Setiap tahunnya sekitar 6900 wanita di Inggris didiagnosa menderita penyakit kanker indung telur dengan tingklat kematian 4600 orang wanita setiap tahunnya. Kanker indung telur ini juga menjadi penyebab kematian nomer 4 terbesar di Inggris.

Para peneliti mengamati sekitar 61057 wanita usia 40 hingga 76 mengenai kebiasaan makan dan minum mereka mulai tahun 1987 hingga 1990. Para wanita ini terus dipantau sampai dengan Desember 2004 untuk melihat apakah mereka terserang kanker atau tidak.

Hasil riset membuktikan bahwa sekitar 68% wanita tersebut mengkonsumsi teh, khususnya teh hitam setidaknya sebulan sekali. Selama masa penelitian tersebut sekitar 301 wanita didiagnosa menderita penyakit kanker indung telur. Dan para peneliti ini juga melihat sekitar 46% resiko terkena kanker indung telur pun menurun terhadap wanita yang mengkonsumsi 2 cangkir teh atau lebih perharinya jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Wanita yang meminum secangkir teh setiap harinya, dapat terhindar dari resiko terkena kanker indung telur hingga 24%, sedangkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari secangkir perharinya menurun hingga 18%.

Ketua Tim Peneliti, Susanna Larsson mengatakan bahwa mereka tidak menemukan keterkaitan antara mengkonsumsi kopi dengan resiko terkena kanker indung telur, tetapi penelitian lebih lanjut pun akan dilakukan.

“Penelitian yang didapat dari sekumpulan wanita Swedia menyatakan bahwa mengkonsumsi teh dapat mengurangi resiko terkena kanker indung telur. Karena data yang menyangkut masalah ini masih jarang, sehingga penelitian kami masih perlu ditindak lanjuti lebih jauh,” jelas Susanna seperti dilansir BBC News..

Prof. Tim Key, professor Epidemiologi di pusat penelitian kanker di Inggris mengatakan ,”Resiko terkena kanker indung telur sangat kuat kaitannya dengan faktor hormonal- resiko akan menurun seiring dengan jumlah anak yang dimiliki, dan resiko juga akan menurun seiring dengan lamanya wanita t mengkonsumsi pil KB oral.

“Selama masih belum ada fakta-fakta yang jelas tentang keterhubungan antara penyakit kanker dengan mengkonsumsi teh, dan juga hasil yang jelas, tidak bisa langsung disimpulkan  kalau mengkonsumsi teh dapat terhindar dari kanker indung telur,” ujar Tim Key kembali.

Jadi tak ada salahnya jika mulai sekarang Anda minum 2 cangkir teh tiap hari. Antioksidan teh bisa memperlambat tumbuhnya sel kanker dan membuat kulit lebih sehat dan kencang!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

2 Komentar »

  1. Trims infonya

    Komentar oleh Grosir Assalam Herbal Obat Asam Urat Obat Rematik Pengobatan Stroke | Maret 22, 2012 | Balas

  2. Manfaat Teh memang banyak sekali. MUngkin bisa dicoba juga Teh Hijau Organik Sekar Melati…silakan kunjungi website kami

    Komentar oleh Distributor Teh Hijau Jual Teh Organik Teh Sekar Melati | Maret 22, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: