poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Sodium Untuk Jantung Sehat


Sodium Untuk Jantung Sehat
Jakarta – Anda suka mengkonsumsi sodium berlebihan? Berhati-hatilah karena hal tersebut bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan jantung tak sehat. Bagaimana cara menghindari konsumsi sodium tak berlebih? Intip infonya disini!

Walaupun disarankan mengurangi pengunaan sodium untuk menurunkan atau menghindari tekanan darah tinggi, tetapi kebanyakan orang senang mengkonsumi garam berlebihan. Rata-rata di Amerika orang mengkonsumsi sekitar 3.000 – 5.000 mg garam setiap harinya. Padahal konsumsi garam untuk orang dewasa sehat disarankan hanya 2300 mg, dimana setara dengan 1 sendok teh garam (sodium chloride) . Hal tersebut telah didiagnosa oleh penderita tekanan darah tinggi yang diperingatkan untuk mengurangi penggunaan garam hingga dibawah 1500 mg.

Banyak pula orang berusaha mengkonsumsi lebih sedikit sodium ketika berdiet, tetapi apakah harus sesulit itu? Sebenarnya itu semua tergantung pada makanan pilihan Anda.

Dimana Garam Terkandung?
Meskipun kita bisa melihat teman-teman sering menggunakan slat shaker, hanya 6% dari sodium yang kita konsumsi berasal dari apa yang kita taburkan. Yang mengejutkan 77% dari sodium dikonsumsi oleh orang Amerika berasal dari produk makanan dan makanan restoran. Sekitar 12% terkandung secara alami pada makanan dan 5% ditambahkan ketika memasak di rumah. Sodium banyak digunakan sebagai bahan penawet untuk membuat makanan fresh lebih lama dan untuk menambah rasa. Beberapa makanan rendah kalori menggantikan lemak dengan sodium untuk membuat rasa lebih enak.

Apa yang Harus Dilakukan?

Cara terbaik untuk menurunkan konsumsi sodium adalah dengan membaca lebel pada semua bungkus pada tiap produk makanan. Beberapa atau lebih kandungan sodium yang tinggi biasanya terdapat pada: makanan dingin, saus salad, makanan ringan, keju, dan makanan kaleng. Seringkali, makanan produk makanan siap saji, makanan pembuka yang beku atau sup seringkali lebih banyak mengandung garam.

Jika Anda sedang berdiet, pilihlah makanan yang mengandung biji-bijian, sayur-sayuran, kacang polong dan makanan bersodium rendah jika memungkinkan.

Menu makanan yang mengandung sodium tinggi di restoran biasanya lebih susah untuk diketahui, tetapi kini banyak jaringan restoran yang memcantumkan informasi nutrisi di website mereka.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: