poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Pisang Cegah Serangan Jantung


Pisang Cegah Serangan Jantung
Jakarta – Buah yang berkulit kuning ini memang sudah populer. Rasanya manis dan beraroma wangi. Selain dimkaan sebagai buah segar atau untuk kue, pisang sangat kaya gizi. Bisa membuat jantung lebih sehat dan perasaan lebih nyaman. Kok bisa ya?

Suka makan  pisang? Kalau ya, berarti manfaatnya bakal Anda rasakan.  Pasalnya, mereka yang sering makan pisang, tidak hanya menjadi kenyang tetapi juga mendapat sejumlah manfaat lain.  Buah ini mengandung banyak kalium, energi, vitamin, dan enzim. Seperti sukrosa, glukosa, dan laktosa sebanyak 14,8 gram dan 1 gram protein (2% dari komnsumsi harian yang disarankan). Juga memiliki 400 mg kalium (10% dari konsumsi yang disarankan setiap hari).

Sebuah studi menunjukkan jika  makan pisang setiap hari, mendapat resiko 22% lebih rendah terkena penyakit jantung daripada orang yang tidak makan pisang.  Kandungan kaliumnya yang tinggi mampu meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu mengatur tekanan darah.

Konsumsi kalium yang cukup, dapat mengurangi efek natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah dan bisa menurunkan resiko terhadap serangan stroke. Satu buah pisang memiliki 4 gram atau 16% serat  yang disarankan untuk dikonsumsi per hari. Serat ini memperlancar pencernaan dan membuat sistem kardiovaskular berjalan lebih baik.

Di saat sedang stres, metabolisme tubuh bekerja lebih berat dan ini membuat kadar kalium menurun drastis.  Makan  pisang akan memberi pasokan kalium yang cepat dan juga menormalkan fungsi sistem saraf.

Kandungan nutrisi, seperti asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan potasium.yang ada di dalam pisang  berperan penting untuk mendorong produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Hormon inilah yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat, tenang dan nyaman  dalam diri tiap orang.

Kandungan sodiumnya yang rendah. membuat pisang aman dikonsumsi bagi orang yang terkena tekanan darah tinggi dan melakukan diet rendah garam, tetapi membutuhkan kalium. Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (US Food and Drug Administration) menyatakan, konsumsi satu buah pisang per hari bisa  mengobati tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi inilah yang memicu terjadinya serangan stroke atau jantung.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: