poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Minum Kopi Bisa Halusinasi?


Minum Kopi Bisa Halusinasi?
Jakarta – Anda salah satu penikmat kopi? Anda mesti berhati hati dengan minuman berkafein ini. Mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat mengakibatkan halusinasi berlebihan. Mulai dari melihat hal-hal aneh sampai mendengar suara menyeramkan. Simak infonya disini!

Para peneliti di Inggris seperti dilansir bbcnews.com telah menyimpulkan bahwa setiap orang yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi mulai bisa melihat hantu atau mendengar suara-suara yang aneh. Orang yang mengkonsumsi lebih dari 7 cangkir kopi instant sehari sebanyak tiga kali, cenderung mengalami khayalan dibandingkan dengan mereka yang hanya menghabiskan satu cangkir.

Durham University telah melakukan studi pada sebuah kelompok mahasiswa sebanyak200 orang penggila minuman berkafein ini. Akan tetapi, para peneliti tersebut tidak menemukan adanya ‘causal link’ atau hubungan sebab akibat. Mereka (baca: 200 mahasiswa) juga mengalami pengalaman berhalusinasi, meskipun hal ini masih belum pasti. Dan sekitar 3 % daari mereka sering mendengar suara-suara aneh secara berkala.

“€Hal ini merupakan langkah awal yang lebih luas melihat faktor-faktor yang berkaitan dengan halusinasi yang mereka alami,” ujar Simon Jones, mahasiswa Psikologi yang memimpin studi ini.

Simon juga mengatakan kalau penelitian sebelumnya telah menemukan faktor lain seperti trauma masa kecil yang dapat mengakibatkan timbulnya halusinasi. Ketika seseorang dibawah tekananan atau sedang mengalami stres, tubuh mengeluarkan hormon cortisol. Dimana hormon ini akan berproduksi lebih banyak setelah mengkonsumsi
kafein.

Jumlah kortisol yang meningkat inilah yang menjadi penyebab seseorang mengalami halusinasi. “Oleh karena itu, sangat mungkin untuk menyimpulkan keterkaitan antara konsumsi kafein dengan mood seseorang,” katanya menambahkan.

Selain kopi, teh, cokelat, ‘pep’ pil, dan minuman berenergi ini juga mengandung kafein. Setelah melakukan tanya jawab kepada 200 mahasiswa tadi, tim penelitipun mengkatagorikan tingkat kerentanan mereka akan terjadinya halusinasi dan membuat tingkatan stres.

Di antara pengalaman mereka, ada yang sering melaporkan mendengar suara-suara aneh, dan juga merasakan keberadaan orang yang sudah meninggal. Akan tetapi, Mr. James juga menekankan bekerja lebih diperlukan untuk mengurangi keterkaitan dengan halusinasi tersebut.

James juga menekankan agar seetiap orang mengkonsumsi sedikit kafein. Dia juga menambahkan, meskipun kafein adalah salah satu yang i faktor penyebab halusinasi dalam beberapa hal, tapi hal ini bukanlah menjadi penyebab utama jika dibandingkan dengan faktor lain dalam hidup, katanya menambahkan.

Para peneliti merencanakan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai aspek diet seperti gula, lemak yang bisa berhubungan dengan halusinasi.

Dr. Euan Paul, dari The British Association menekankan studi yang dilakukan hanya berfokus pada orang yang sangat tinggi bergantung pada kafein. Dia juga mengatakan tidak ada keterangan lebih rinci yang mengatakan kemungkinan makanan lain yang jika dikonsumsi dapat menimbulkan halusinasi.

“Ada banyak sekali literatur yang mempelajari dan menjelaskan tentang semua aspek kopi, kafein, dan juga  diskusi kesehatan. Tak lupa kesimpulan dari semuanya adalah konsumsi kafein yang baik adalah 400-500mg perhari yang dinyatakan aman dan memberikan keuntungan yang baik untuk tubuh.” Ujar Mr. Paul.

Baru-baru ini dilakukan pula penelitian yang berhubungan dengan mengkonsumsi kafein berlebih pada perempuan yang tengah hamil akan berakibat keguguran atau bayi lahir dengan berat badan tidak senormal bayi pada umumnya.

Studi lain menemukan, kafein dapat mengindarkan kita dari kanker kulit, mengurangi kerusakan saraf sclerosis, atau aman bagi penderita diabetees.

Nah, Anda penggila kopi? Sebaikanya mulai waspada akan  jumlah kopi yang Anda minum setiap hari.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: