poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Makanan Pedas Bikin Keringat Berlebihan


Makanan Pedas Bikin Keringat Berlebihan
Jakarta – Anda sering berkeringat setelah makan makanan tertentu? Atau aroma bawang putih yang melekat membuat Anda tak nyaman sampai beberapa hari? Mengapa demikian? Makanan apa saja yang harus dihindari?

Saat berada di sebuah rumah makan kadang kita menghindari makanan tertentu karena takut akan efenya. Seperti makanan yang banyak mengandung bawang putih, ataupun makanan yang pedas karena akan menimbulkan keringat berlebih dan bau tak sedap.

Ada jenis makanan tertentu yang bisa memicu timbulnya keringat. Hal ini karena adanya senyawa Capsaicin yang terkandung dalam cabai yang menyebabkan berkeringat. Capsaicin merangsang reseptor saraf pada mulut yang disampaikan pada otak. Hipotalamus dalam otak mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan kelenjar keringat dalam tubuh. Tak heran jika  akan terasa panas dan gerah setelah makan makanan pedas.

“Tidak hanya makanan yang pedas, tapi juga minuman yang panas juga bisa menyebabkan berkeringat meskipun tidak terlalu banyak,” ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di St Louis University School of Medicine.

“Aroma tak sedap yang timbul karena keringat setelah makan makanan tertentu karena adanya senyawa volatile yang keluar saat proses metabolisme makanan tertentu.” jelas George Preti, PhD, seorang ahli kimia organik di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia.

Ketika ditanya perihal makanan apa yang menyebabkan bau badan dan juga nafas tak sedap, jawaban terbanyak adalah ‘bawang putih’. Karena di dalam bawang putih terdapat senyawa kimia yang aromanya mirip dengan sulfur sehingga menghasilkan bau yang khas.

Selain bawang putih, makanan lain yang bisa menyebabkan bau adalah brokoli dan kol. Selain itu, mereka yang lebih sering memakan daging akan menghasilkan aroma keringat yang lebih menyengat dibandingkan dengan orang-orang yang memakan sayuran.

Tidak ada obat-obatan khusus untuk menghilangkan aroma  keringat yang tak sedap. Namun bisa dilakukan dengan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan-makanan yang menyebabkan bau tak sedap. Misalnya, makanan-makanan yang mengandung bawang putih mentah. Atau ganti cara pengolahnnya bisa juga dengan cara dibakar atau ditumis terlebih dahulu sebelum bawang putih digunakan.

Iklan

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

1 Komentar »

  1. check it out bro

    Komentar oleh meet local singles free | Maret 18, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: