poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Makan Nikmat Turunkan Berat Badan


Makan Nikmat Turunkan Berat Badan
Jakarta – Apakah siang ini Anda makan di depan komputer? Makan sambil mengetik dan menelpon? Kalau ingin menurunkan berat badan, cobalah makan dengan nikmat. Cukup sediakan waktu 20 menit saja. Inilah yang diungkap dalam Havard Head Letter pekan silam.

Kadang-kadang Anda tak mampu mengingat makanan apa yang Anda makan saat makan siang. Karena saat makan siang Anda sibuk bekerja. Makanan asal disuap bahkan tanpa melihat bentuk lauk maupun menikmati rasanya. Hasil riset yang dimuat di Havarad Health Letter dan diulas oleh Ghalsa dalam nutritionnews memberikan fakta berbeda.

Sebuah riset menungkapkan bahwa makan dengan tenang, perlahan sambil menikmati makanan bisa membantu menurunkan berat badan. Yang dimaksud dengan makan nikmat adalah makan dengan santai, mengamati warna, merasakan tekstur dan rasa makanan. Juga mengunyah perlahan serta tidak dibarengi dengan nonton TV atau membaca atau telepon.

Jika makan terlalu cepat, demikian yang diungkap pada Havard Health Letter edisi Februari 2011 akan membuat tubuh lambat memberi signal kenyang. Signal baru terkirim setelah perut benar-benar terlalu penuh. Akibatnya, terlalu banyak makan.

Beberapa studi memperlihatkan makan nikmat merupakan startegi utnuk memperbaiki pola makan yang salah juga membantu menurunkan berat badan. Studi yang melibatkan 150 orang dibandingkan antara yang makan asal-asalan dan yang menikmati makanan. Terbukti mereka yang makan dengan nikmat akan mudah mengontrol jumlah makanan yang dimakan.

Kenikmatan makan mengajarkan orang mengenali perbedaan lapar secara fisik dan emosi. Juga membantu orang mengenali tanda atau signal rasa kenyang. Para ahli menganjurkan secara bertahap mulai makan dengan nikmat sekali sehari atau seminggu.

Havard Health Letter juga memberikan tips untuk mulai menikmati makanan:

  • Pasang timer 20 menit dan mulailah makan dengan waktu tersebut.
  • Makan dengan tenang (tanpa bicara) selama 5 menit. Pikirkan bagaimana makanan itu dibuat, rasanya, warnanya, dan aromanya.
  • Makanlah dalam suapan kecil dan kunyahlah dengan baik.
  • Sebelum membuka kulkas atau lemari makan, cobalah tanya pada diri sendiri ‘ Apakah saya benar-benar lapar?’

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: