poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Madu Memicu Kerja Otak


Madu Memicu Kerja Otak

Jakarta – Setiap pagi mungkin Anda minum madu sebagai menu sarapan. Madu yang sudah terbukti khasiatnya sejak ratusan tahun silam. Bukan hanya sebagai pemasok energi saja tetapi juga punya sejumlah khasiat yang hebat lho!

Madu bisa diminum kapan saja. Untuk pelengkap sarapan atau diminum sebelum tidur. Minum satu sendok makan madu asli sebelum tidur, akan meningkatkan fungsi kinerja otak. Sebab, fruktosanya mampu memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman. Tak heran, jika madu dipercaya sebagai penambah energi para atlet zaman Yunani kuno selama acara olimpiade.

Madu memiliki kandungan karbohidrat 82,3% lebih tinggi di antara produk-produk hewani lainnya. Seperti, susu, telur, daging, keju, dan mentega. Setiap 100 gram madu murni mengandung 294 kalori. Sedangkan tiap 1000 gram atau 1 kg madu  kalorinya setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging.

Kandungan glukosa dan fruktosa pada madu mampu mensuplai glikogen pada hati. Juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cairan manis alami ini memiliki efek antibakteri baik secara internal maupun eksternal sehingga dapat mempercepat pemulihan tubuh. Berfungsi juga antivirus alami untuk mengobati flu.

Hasil penelitian  Pennsylvania State College of Medicine, Amerika Serikat, menyebutkan khasiat satu sendok makan madu mampu menjadi obat flu yang disarankan. Sebelumnya, penelitian yang dilakukan Shone Blait di Universitas Sydney, Australia, pada tahun 2007, menyebutkan  madu efektif memulihkan luka atau infeksi, dan juga mendukung bakteri baik pada usus dan menumpas sariawan.

Tidak hanya kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9%), tapi juga memiliki komponen lain. Seperti, vitamin A, B1, B2, dan mineral (kalsium, natrium, kalium, zat besi dan magnesium).

Madu juga memiliki antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat.Nah, untuk itu, kita disarankan agar mengonsumsi 2 sendok teh madu tiga kali setiap harinya guna menjaga kesehatan lambung.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

2 Komentar »

  1. nice info…mampir neng

    Komentar oleh teaterbumi | Maret 1, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: