poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Lima Buah dan Sayur Merah yang Dahsyat Buat Tubuh


Lima Buah dan Sayur Merah yang Dahsyat Buat Tubuh
Jakarta – Suka buah dan sayur segar? Sebaiknya mulailah teliti mengkonsumsinya. Perbanyak buah dan sayuran berwarna merah yang ternyata dahsyat khasiatnya buat tubuh. Apa saja jenisnya dan apa manfaatnya? Temukan info lengkapnya di sini!

Dari dulu ahli gizi dan kesehatan sering mempromosikan buah dan sayuran berwarna sebagai sumber betakaroten yang bagus. Kini, berdasarkan riset ditemukan bahwa buah dan sayuran yang berwarna merah ternyata memiliki keunggulan zat gizi yang sangat bagus untuk tubuh. Inilah sayuran dan buah yang patut dikonsumsi lebih banyak.

Cherry: Buah bulat berwarna merah muda hingga merah tua ini kaya akan antioksidan, seperti anthocyanin yang bisa mengurangi rasa sakit. Ceri juga disarankan untuk memerangi penyakit berat seperti diabetes, kanker, radang sendi dan gout. Selain itu buah yang rasanya manis segar ini juga merupakan sumber serat, potassium dan vitamin A yang baik.

Delima Merah: Delima dengan biji berwarna merah tua yang berasal dari Himalaya ini menjadi simbol kesuburan juga kesehatan. Hasil riset yang pernah dilakukan para ahali membuktikan delima merah memiliki kemampuan mengurangi pembentukan plak di pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol. Riset yang lain membuktikan jus delima merah bis amengurangi resiko kanker porstat, diabetes, radang sendi dan disfungsi seksual. Khasiat delima merah terletak pada kandungan polyphenol (termasuk anthocyanin) dan tannins yang banyak terkandung di dalamnya.

Bit: Warnanya ungu tua kemerahan ini sangat memikat matanya. Saat mentah beraroma tanah tetapi jika dimasak rasanya jadi sangat manis. Bit banyak mengandung zat gizi, 1 cup bit yang sudah matang mengandung 29 kalori dan 2 gram serat tetapi memebri pasokan 19% kebutuhan per hari untuk folate yang sangat baik untuk pertumbuhan sel baru. Warnanya yang cantik berasal dari betanin yang merupakan penambah saya tahan tubuh.  Bit bisa dibuat jus, dipanggang, dibuat acar atau diserut kasar untuk campuran salad.

Cabai Merah: Kandungan capsaicin dalam cabai merah merupakan antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dan membuar rasa panas dan pedas. Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang sel otak yang mengendalikan rasa lapar. Pada riset tahun 2005 yang dimuat di International Journal of Obesity menunjukkan orang mengkonsumsi 16% lebih sedikit kalori pada makanan yang diberi ekstrak cabai.

Tomat: Merupakan sumber vitamin C yang hebat dengan sentuhan vitamin A, potassium dan serat. Rasanya asam segar sedikit manis. Tomat juga kaya akan lycopene, sebuah antioksidan yang baik untuk menghambat proses penuaan pada kulit, memerangi sel kanker dan penyakit jantung.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: