poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Kentang Bisa Turunkan Berat Badan


Kentang Bisa Turunkan Berat Badan
Jakarta – Kentang goreng atau kentang kukus, sama enaknya. Kentang memang jadi sumber karbohidrat dan kalori. Namun, bukan berarti kentang bisa menjadi penyebab bertambahnya lemak tubuh. Justru dengan makan kentang secara teratur berat badan bisa turun!

Kentang menjadi salah satau sumber karbohidrat yang baik. Kentang bisa membantu menurunkan berat badan meskipun juga sumber kalori. Kadar gula yang terdapat dalam kentang juga jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi. Sehingga cukup aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

“Menurunkan berat badan tidak hanya berkaitan dengan mengurangi jenis makanan tertentu atau bahkan berhenti makan makanan tertentu. Tapi juga mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh,” jelas Britt Burton-Freeman, salah satu pengajar di University of California.

“Tidak ada bukti yang mengatakan kalau kentang bisa menambah penimbunan lemak dan menyebabkan kegemukan jika diproses dengan cara benar. Justru malah membantu program diet yang dijalankan,” imbuhnya.

Para peneliti di University of California telah melakukan pengamatan kepada 86 orang, baik pria maupun wanita yang memiliki masalah obesitas. Selama kurang lebih 12 minggu mereka telah diukur tingkat indeks Glikemik (glycemic index)-ukuran dampak karbohidrat terhadap kadar gula darah- setelah melakukan diet dengan makan kentang.

Mereka makan 5 hingga 7 porsi kentang setiap minggunya. Hasil penelitian menemukan bahwa ada penurunan berat badan yang cukup tinggi pada kelompok ini. Kentang yang mereka komonsumsi adalah kentang yang berukuran sedang, dengan kandungan kalori kurang lebih 110 kalori per buah.

“Kandungan kalium dalam satu buah kentang ini sekitar 620 gram melebihi pisang, dan mensuplai hampir setengah dari kadar vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya (45%). Kentang tidak mengandung sodium dan bebas kolesterol selama proses memasaknya sesuai, seperti direbus atau dipanggang,” tutup Britt Burton-Freeman.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: