poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Kedelai Bikin Jantung Sehat


Kedelai Bikin Jantung Sehat
Jakarta – Suka makan tahu, tempe, susu kedelai, atau kecap? Berbagai produk olahan kedelai ternyata bisa menjadi salah satu nutrisi penjaga kesehatan jantung. Ada sejumlah makanan lain yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya enak tetapi bikin jantung kuat dan sehat!

Olahraga teratur, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol sudah dikenal bisa menjaga kesehatan jantung. Ternyata bukan hanya itu. Makan makanan tertentu secara teratur bisa memelihara jantung tetap sehat, seperti makanan berikut ini:

Ikan Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko peradangan dan menekan pembekuan darah. Biasakan untuk makan ikan salmon, tuna atau sarden minimal dua kali per minggu. Untuk jantung yang sehat, cobalah steak salmon dengan salad dan kucuri sedikit air jeruk lemon.

Minyak zaitun
Mulai sekarang cobalah untuk mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

Oats
Oats mengandung serat larut yang disebut beta glucan yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membantu menjaga sistem pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi untuk agar jauh lebih nikmat sebagai menu sarapan.

Apel
Apel memiliki kandungan fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai anti peradangan dan dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin. Makan satu buah apel dengan campuran kacang kenari dan almond sebagai kudapan sehat

Kacang almond
Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung minyak sehat, vitamin E dan zat lain yang  membantu menjaga kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang-kacangansebagai camilan saat menonton TV.

Red Wine
Konsumsi red wine terbukti baik untuk jantung. Pasalnya red wine memiliki antioksidan tinggi yang disebut resverartrol. Kandungan senyawa yang baik melindungi kesehatan jantung anda.

Bijian Utuh
Setiap butir bijian utuh menyediakan vitamin dan serat yang dapat membantu menjaga jantung  tetap sehat. Bisa berupa sandwich whole wheat dengan  irisan daging ayam , dan  tomat. Mengenyangkan dan sehat!

Sayur Hijau
Sayuran hijau mengandung folat, dan vitamin E, yang dapat menjaga kadar homoseistein. Konsumsi sayuran berdaun hijau juga dapat melindungi daya ingat karena faktor usia.

Tomat
Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan  tomat pada sandwich atau pasta gandum. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang biasa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa.

Kedelai
Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah. Olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan kecap bisa menjadi selingan menu yang menyehatkan.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: