poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Jus Buah Kemasan Menyehatkan?


Jus Buah Kemasan Menyehatkan?
Jakarta – Jus dianggap sebagai minuman yang menyehatkan dan bergizi untuk semua umur dan disukai hampir setiap orang. Kadangkala jus segar memang merepotkan hingga jus dalam kemasan lebih disukai. Tapi apakah benar jus dalam kemasan aman dikonsumsi?

Saat ini jus buah yang ada dalam kemasanan rasanya memang sangat enak dan juga mudah didapatkan. Nutrisi yang terkandung dalam jus buah tingginya setara dengan keseluruhan buah-buahan, meskipun jumlah serat yang terkandung didalamnya jauh berkurang. Bagaimanapun, jus buah akan lebih baik bila diminum dalam keadaan segar.

Pasar dipenuhi dengan banyak sekali jus buah dalam berbagai macam rasa yang enak dan koktail, termasuk buah-buahan yang sedang tidak musim. Untuk menikmatinya tak perlu usaha untuk mengambil mesin pembuat jus, membershikan buah-buahan, dan memerasnya menjadi jus. Yang diperlukan hanya membuka, menuangkan, dan meminumnya! Tetapi, apakah jus dalam kemasan ini benar-benar sehat? Apakah mereka mengandung nutrisi?

Di kemasan jus seringkali ditulis bahwa jus tersebut terbuat dari buah-buahan segar, tidak ada tambahan pewarna buatan, bahan pengawet atau perasa buatan. Jika hal tersebut adalah hal yang sebenarnya, lalu mengapa jus kemasan bisa tetap dikonsumsi untuk beberapa bulan kedepan tanpa menjadi rusak atau basi? Padahal jus buah segar biasanya mudah menjadi rusak kecuali jika memiliki kandungan bahan pengawet didalamnya.

Merupakan hal yang sangat penting untuk membaca tanggal kadaluarsa ketika membeli jus buah yang dikemas dalam kotak atau botol. Pabrik pembuat dan tanggal kadaluarsa merupakan hal yang paling penting diperhatikan untuk memastikan jus tersebut apakah masih layak dikonsumsi atau tidak untuk beberapa waktu kedepan.

Setiap pabrik semestinya wajib menuliskan bahan-bahan yang terkadung dalam suatu makanan. Jika jus tersebut benar-benar terbuat dari buah asli, pastilah tidak tertera bahan pengawet didalamnya. Jus buah seringkali memiliki tambahan pewarna buatan untuk memberikan warna yang cerah pada jus sehingga mirip dengan buah-buahan alami.

Zat pewarna tersebut sesungguhnya sangat merugikan dan menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga kebanyakan doktor memperingatkan untuk tidak mengkonsumsinya. Jika ada orang yang menderita infeksi tenggorokan, atau memiliki kecenderungan untuk sakit tenggorokan, ia seharusnya menghindari semua produk makanan yang memiliki kandungan warna orange yang ditambahkan didalamnya. Kebanyakan zat berwarna gelap lainnya juga dapat membahayakan kesehatan.

Jadi jika ingin mengkonsumsi jus buah akan lebih baik jika mengkonsumsinya dalam keadaan segar; atau jika ingin mengkonsumsinya dari botolan pilihlah jus dengan warna yang alami untuk dikonsumsi.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

1 Komentar »

  1. […] : poojetz.wordpress.com This entry was posted in known fact and tagged choosing juice in container, fact about juice in […]

    Ping balik oleh cautious in choosing juice in container | kestia.com | Juni 20, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: