poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Jagung Atasi Sembelit


Jagung Atasi Sembelit
Jakarta – Sering mengalami kesulitan buang air besar? Kurang lancar atau sembelit berhari-hari? Si kuning manis ini bukan hanya enak tetapi juga berkhasiat. Kandungan karbohidrat dan seratnya sangat membantu usus mencerna makanan.

Jagung tak hanya enak untuk direbus, dibakar, atau dijadikan pop corn. Makanan yang dikenal sebagai salah satu makanan pokok ini, rasanya legit dan wangi aromanya. Ternyata jagung juga ampuh mengatasi masalah sembelit.

Makin beragamnya olahan jagung membuat banyak orang menjadikan panganan ini sebagai camilan favorit. Tak hanya rasanya yang manis dan bertekstur renyah, sayuran dengan segala musim ini memiliki kandungan serat tinggi dan baik untuk pencernaan.

Times of India, menyebutkan jagung sebagai  makanan bergizi tinggi. Kaya akan vitamin B1, B5, asam folat, dan vitamin C. Dari kandungan nutrisi tersebut, jagung bisa membantu tubuh menghasilkan sel-sel baru, dan mencegah datangnya penyakit.

Bagi ibu hamil, asam folat dalam jagung juga ampuh membentuk saraf janin saat dalam kandung. Para pakar kesehatan juga menyarankan, agar penderita anemia rutin mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat ini, karena memiliki vitamin B1 dan B5 yang tinggi.

Selain itu, serat pada jagung dapat dijadikan obat mujarab untuk membantu memerangi masalah pencernaan, seperti sembelit atau sulit buang air besar. Serat dalam jagung juga mampu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker usus besar dan juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Karena itu sebaiknya makanlah jagung secara rutin. Jadikan jagung dan olahannya sebagai camilan favorit atau lauk. Tak hanya rasa gurih dan enak yang didapat. Kebutuhan seratpun bisa dipenuhi dan  terbebas dari masalah susah buang air besar

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: