poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Inilah Simbol Plastik Aman Untuk Makanan!


Inilah Simbol Plastik Aman Untuk Makanan!
Jakarta – Dalam kehidupan sehari-hari plastik memiliki peran sangat penting. Plastik biasa dijumpai sebagai wadah pembungkus, botol minuman, perabot rumah tangga, hingga mainan anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua plastik aman? Bagaimana cara mengenali plastik yang aman?

Terlepas dari berbagai kegunaan, jenis, serta bentuk plastik, sebenarnya apa itu plastik? Plastik adalah istilah umum bagi ‘polimer’ yaitu sejenis material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen-elemen lainnya. Dimana bahan tersebut mudah dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran.

Secara umum plastik digolongkan menjadi 2 macam yaitu Termoset dan Termoplastik. Termoset adalah jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang seperti melamin, peralatan listrik (saklar, stop kontak,dll). Sedangkan Termoplastik merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang seperti pembungkus makanan, kantong pastik, mainan anak (Polyethylene) , mainan anak (Polyethylene) , dll.

Keunggulan plastik selain kuat, ringan, fleksibel, tahan karat, isolator panas/listrik yang baik, juga mudah dibentuk untuk berbagai fungsi dan mudah diberi warna. Tetapi disamping itu kelemahan plastik juga cukup banyak. Beberapa jenis plastik dikondisikan tak tahan panas dan diantaranya memerlukan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami. Bahkan jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya bisa membahayakan kesehatan.

Plastik yang terdiri dari beberapa bahan kimia tersebut dalam kondisi tertentu mengalami proses ‘migrasi’. Yang dimaksud proses ‘migrasi’ tersebut adalah perpindahan bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan akibat pengaruh suhu makanan, penyimpanan, dan proses pengolahannya. Meskipun pemerintah telah menghimbau masyarakat mengenai bahaya menaruh makanan panas dalam kantong plastik, namun tak semua orang sadar dan menghentikan kebiasaan tersebut.

Nah, apa jadinya jika bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik ini bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga? Oleh karena itu apa saja yang harus diperhatikan untuk mengenali plastik yang aman terutama untuk wadah makanan?

Kini untuk memilih wadah kemasan makanan dan minuman yang aman sebenarnya gampang saja. Hal tersebut dapat bisa dilihat dari simbol-simbol standarisasi aman yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang, seperti FDA (Food & Drugs Administration) , EFSA (European Food Safety Authority), SPI (Society of Plastic Industry), dan BPOM untuk Indonesia.

Lalu simbol-simbol apa saja yang perlu diperhatikan pada kemasan plastik? Simbol ‘Food Grade’ yang belambang gelas dan garpu ini menandakan bahwa wadah tersebut aman digunakan untuk makanan dan minuman. Begitu pula sebaliknya jika terdapat simbol ‘Non Food Grade’ yang berbentuk gelas dan garpu dicoret menandakan bahwa kita harus menghindarinya untuk penggunaan wadah makanan dan minuman.

Simbol ‘microwave safe’ (garis bergelombang) dan ‘oven save’ (gambar oven) menandakan wadah-wadah tersebut aman digunakan dalam microwave dan oven karena tahan terhadap suhu tinggi, begitu pula sebaliknya. Sedangkan simbol ‘freezer save’ yang bergambar bunga salju menandakan bahwa wadah tersebut aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman dalam suhu rendah. Lain halnya untuk simbol ‘cut save’ (gambar pisau) yang diperuntukkan khusus sebagai wadah yang aman untuk memotong bahan-bahan makan.

Di Indonesia masih banyak plastik yang tidak mencantumkan simbol tersebut terutama plastik buatan lokal. Tetapi akan lebih baik pula jika kita tak tergiur dengan harganya yang murah tetapi dapat beresiko buruk bagi kesehatan. Pilihlah wadah plastik yang aman dan memenuhi mutu dan standar keamanan pangan dari lembaga berwenang.

Mengingat harga kesehatan Anda dan keluarga lebih mahal dan berharga dari apapun juga, mulai kini jangan spelekan plastik!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: