poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Hati-Hati Teman Bisa Bikin Gendut


Hati-Hati Teman Bisa Bikin Gendut
Jakarta – Kalau teman Anda baru pulang dari  luar negri dan terserang flu, bisa dipastikan virusnya bukan dari Anda. Tetapi jika teman di keliling Anda sedang suka makan, berhati-hatilah bisa jadi Anda menjadi ikut kelebihan berat badan!

Demikian antara lain kesimpulan yang disebutkan oleh riset yang dilakukan oleh Havard Medical School dan University of California yang dipublikasikan bulan Juli 2007 di New England Journal.

Setelah menganalisa data daei 12.067 responden, mereka menemukan jika seseorang menjadi gendut maka peluang temannya menjadi gendut berkembang hingga 57% . Meskipun teman tersebut tinggal jauh dan jika berjenis kelamin sama maka peluangnya menjadi 74%.

Orang yang berada dalam jaringan sosial yang sama berpeluang 40% dan pasangan berpeluang 37%. Namun seorang tetangga yang bukan jaringan sosial mereka tidak akan terpengaruh oleh hal tersebut.

Lebih jelasnya, penularan kegemukan tidak sama dengan penularan virus flu. Selain tidak ditularkan melalui cairan tubuh seperti virus, kegemukan adalah penularan sosial- bisa ditularkan melalui transmisi tingkah laku dan norma sosial.

Orang dalam jaringan sosial sama sering mengalami efek kesehatan yang sama. Seperti pesta hari Jumat yang menyajikan banyak wine dan keju atau makan abreng direstoran memberi kontribusi untuk kegemukan.

Kebiasaan ini berakibat pada berat tubuh, terutama jika sudah menjadi kebiasaan. Lebih penting lagi tiap orang dalam jaring sosial yang sama memiliki standar kelakuan yang akan selalu jadi ukuran. Penuruan berat badan 5 kg dari teman baik Anda akan membuat sedikit merasa bersalah untuk ekstra 5 kg yang Anda buang dengan olah raga. Jika fast food menjadi makanan yang diterima ipar Anda, mungkin Anda akan kendur dalam menyusun menu keluarga.

Karena itu sebaiknya jangan langsung menerapkan pencapaian penurunan berat badan seorang teman langsung pada diri Anda. Sebaiknya, tanyailah kalau-kalau ia bisa membantu Anda. Ceklah dari beberapa segi, penelitian ini berkaitan dengan kebiasaan kurang sehat yang menular. Janganlah tergantung teman untuk memulai hidup sehat. Sebaiknya pilihlah naik gunung dari pada nonton bareng.

Beberapa hal positif berikut ini bisa Anda lakukan bersama teman-teman Anda:

  • Daftarkan diri menjadi anggota Fitness Centre. Ajaklah banyak teman. Karena dengan mengajak teman beberapa pusat kebugaran justru memberi potongan untuk Anda.
  • Pilihlah akitivitas sosial yang banyak gerak dan memerlukan energi seperti panjat tebing, jogging, bersepeda, futsal, basket atau sepak bola. Ajak teman-teman untuk ikutan bergabung.
  • Lakukan selalu kegiatan bersama-sama teman agar lebih seru dan bersemangat!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: