poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Efek Negatif Makan Popcorn Sambil Nonton


Efek Negatif Makan Popcorn Sambil Nonton
Jakarta – Nonton film sambil mengunyah popcorn memang asyik. Mau yang asin, atau yang dibalut karamel dan mentega, semuanya enak. Aroma wangi dan rasa gurihnya bikin tak bisa berhenti mengunyah sampai film habis. Tahukah Anda bahwa popcorn punya banyak kalori, lemak dan garam?

Kebiasaan mengunyah popcorn saat nonton bioskop disukai banyak orang. Buktinya, di tiap gedung bioskop selalu ada beberapa mesin popcorn. Aroma wanginya yang menusuk hidung langsung membuat orang otomatis membeli popcorn setelah membeli tiket. Kurang komplet rasanya nonton tanpa popcorn.

Namun, ada hal yang perlu diwaspadai pada sekantung atau sekotak popcorn yang Anda beli. Sebuah pengamatan yang diulas oleh The New York Times mengungkap hal serius yang perlu dicermati. Penelitian yang dilakukan Centre for Science mengamati popcorn yang dijual di 3 gedung bioskop di New York dan mencatat varian rasa yang ditawarkan.

Di Regal Cinema, menawarkan satu porsi ukuran 20 cup popcorn yang memiliki 1200 kalori, 980 mg sodium dan 60 g lemak jenuh. Dengan menambahkan 1 sendok makan mentega, kalorinya bertambah 130. Belum lagi jika orang membeli paket ‘refill’.

Kalaupun membeli dalam ukuran medium, kandungan nutrisinya tak beda jauh. Bahkan ukuran yang kecil 11 cup, memasok 670 kalori, 550 mg sodium dan 24 g lemak jenuh. Kecuali untuk popcorn rendah kalori dan bebaas lemak jenuh. Biasanya popcorn yang dijual di bioskop, memakai minyak, bahkan minyak kelapa yang mengandung 90% lemak jenuh. Belum lagi jika ditambahkan garam.

“Masalahnya adalah ukuran Untuk ukuran yang besar, sudah memberikan 75% kebutuhan kalori per hari,” demikian tambah Marion Nestle, profesor nutrisi di New York University. Demikian juga dengan popcorn ‘sehat’ yang dicek, memiliki 370 kalori.

Sedangkan pengamatan yang dilakukan di Cinemark sedikit lebih baik karena popcorn dibuat dengan minyak canola. Satu porsi ukuran 17 cup popcorn dengan 910 kalori dan 4 g lemak jenuh dan 1500 mg sodium, yang kira-kira cukup untuk pasokan kalori per hari.

Lalu bagaimana cara makan popcorn yang sehat? Cobalah minta popcorn tanpa garam (meskipun tidak semua bioskop mau melayani). Cara yang terbaik adalah jangan makan popcorn selama nonton, juga aneka kue, kacang dan snack manis lainnya.

“Kalau mau bisa saja popcorn dimakan ramai-ramai dengan 10 teman, misalnya,” saran Dr. Nestle. “Yang terbaik adalah jangan makan popcorn sama sekali selama nonton,” tegasnya. Apalagi setelah makan popcorn, masih berlanjut dengan makan malam atau makan siang. Jadi, sudah siap akhir pekan ini nonton tanpa popcorn?

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: