poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Camilan Praktis dan Sehat


Camilan Praktis dan Sehat
Jakarta – Suka ngemil tapi ingin tetap sehat? Tentu saja bisa. Dengan sedikit siasat, makanan sehat bisa jadi camilan praktis yang tidak bikin repot. Mau yang manis dingin atau yang gurih enak. Semuanya bisa!

Sering makan siang di luar, mengahadiri jamuan makan di resto dan kafe kadang membuat pola makan jadi berantakan. Belum lagi godaan camilan yang penuh lemak dan kalori. Kadang keinginan buat ngemil susah dihindari. Dengan sedikit siasat camilan sehat bisa disiapkan dengan mudah.

Ada beberapa jenis camilan sehat yang bisa disiapkan di rumah dengan cepat dan mudah, seperti beberapa jenis camilan ini:

Smoothies
Smoothies buah tidak hanya sehat dan lezat, tapi juga bisa dijadikan alternatif camilan yang mengenyangkan. Buah-buahan yang bisa digunakan antara lain apel, pisang, strawberry, yang dicampur dengan susu rendah lemak. Tidak perlu menambahkan gula karena buah-buahan tersebut sudah mengandung gula alami. Boleh saja ditambahkan sedikit madu.  Smoothies ini cukup mengenyangkan karena mengandung serat, mineral serta vitamin yang baik untuk tubuh selain memberi pasokan energi.

Salad Jagung
Jagung merupakan sayuran yang segala musim. Rasanya manis dengan tekstur yang renyah. Jagung yang menjadi sumber vitamin B terutaman tiamin dan niacin, adalah sumber karoten yang baik serta menghasilkan vitamin A dalam tubuh. Di beberapa daerah jagung juga menjadi makanan pokok karena bisa mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Siapkan jagung manis, potongan tomat, buah zaitun, paprika, serta bawang. Kucuri dengan olive oil, air jeruk lemon dan beri sedikit gula dan garam. Ini bisa jadi salad sederhana yang lezat.

Sandwich Kacang Panggang
Sandwich adalah salah satu menu sarapan yang mudah untuk disiapkan. Selain sarapan, sandwich juga bisa jadi teman ngemil yang asyik. Pilih lah roti gandum yang mengandung serat, tambahkan isian berupa sayuran dan  fillet ayam panggang atau kacang-kacangan. Kacang dan daging ayam fillet merupakan sumber protein yang sangat baik. Sedangkan roti gandum menyediakan sumber serat yang alami dan dapat meberi rasa kenyang selama beberapa jam.

Buah dan Yoghurt

Buah-buahan tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga mengandung air dan serat yang cukup tinggi. Begitu juga yoghurt, campurkan yoghurt tawar dengan potongan buah-buahan segar kemudian aduk rata. Selain buah-buahan, yoghurt juga bisa ditambah dengan kacang-kacangan atau buah-buahan kering. Asupan serat terpenuhi, kalsium untuk tulang pun terjaga.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: