poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Bayam dan Jagung Atasi Katarak


Bayam dan Jagung Atasi Katarak
Jakarta – Makanan yang baik untuk mata ternyata tidak hanya yang kaya akan vitamin A saja. Jeruk dan jambu yang kaya akan vitamin C juga berperan penting untuk menghindarkan mata dari katarak lho!

Tiap kali ditanya, makanan apa yang baik untuk mata jawabnya pasti lah wortel dan tomat. Dengan alasan yang sudah pasti bawa kedua sayur itu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Padahal, untuk menjaga kesehatan mata tidak hanya mencakup makanan dengan vitamin A saja, tapi juga yang mengandung vitamin C dan juga vitamin E.

Vitamin A yang di dapat dari wortel dan  tomat memang dapat menjaga mata dari kekeringan atau yang disebut dengan Xerophthalmia. Selain itu, dapat memperlambat perkembangan katarak karena usia. Selain wortel dan tomat, vitamin A bisa di dapat dari hati, mentega, dan makanan lain yang mengandung karoten.

Lutein dan zeaxanthin (jenis karotenoid) juga sangat membantu menjaga kesehatan retina. Sumber lutein dan zeaxanthin adalah sayuran hijau seperti bayam. Selain itu, jagung pun merupakan sumber lutein yang tinggi. Selain vitamin A, vitain C juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan antioksidannya bekerja baik untuk menjaga retina dan menguatkan saraf mata dan mencegah terjadinya katarak. Apabila Anda seorang peroko, peminum, atau penderita diabetes, asupan vitamin C Anda harus lebih banyak dari orang normal. Karena biasanya mereka yang memiliki masalah diabtes, perokok, dan peminum memiliki vitamin C yang lebih rendah.

Sumber vitamin C tidak hanya dari jeruk saja, tapi bisa juga didapat dari jambu biji, buah-buahan jenis berry, paprika, kentang, dan juga buah-buahan tropis lainnya.

Selenium, salah satu jenis mineral ini penting untuk kesehatan mata. Selenium membantu tubuh menyerap vitamin E dengan baik sehingga tubuh mampu membuat antioksidan sendiri. Zinc adalah salah satu mineral yang membantu tubuh menyerap vitamin A dengan sangat baik dan mengurangi jumlah radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Zinc juga membantu melindungi mata terhadap kebutaan malam, atau rabun senja. Vitamin E, selenium, dan zinc bisa Anda dapat dari gandum, kacang-kacangan, dan juga seafood. Nah, agar kesehatan mata Anda tetap dalam kondisi prima di usia lanjut nanti pastikan asupan vitamin A, vitamin E, dan vitamin C cukup sejak saat ini.

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: