poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

9 Cara Tetap Langsing Selama Berlibur


9 Cara Tetap Langsing Selama Berlibur
Jakarta – Ingin resolusi diet selama liburan tetap terjaga? Asalkan bijaksana memilih makanan dan menghindari makanan berkalori hal tersebut gampang dilakukan. Yuk intip 9 langkah-langkah yang perlu dilakukan agar diet tetap terjaga selama pergi berlibur.

Saat Anda pergi berlibur, apakah program diet Anda ikut libur juga? Banyak orang menggunakan saat liburan sebagai alasan untuk menikmati berbagai makanan yang biasanya mereka tidak konsumsi, atau menikmati makanan dengan porsi besar di restoran sepanjang hari.

Inilah tiga alasan mengapa makan di restoran, seperti yang cenderung kita lakukan selama berpergian, sangat berbahaya bagi diet Anda:
– Banyak restoran menghidangan makanan dengan porsi besar, dan kita cenderung untuk menikmati lebih banyak makanan yang disajikan di hadapan kita.
– Kebanyakan menu di restoran biasanya berkalori tinggi, berlemak, lemak jenuh, kolestrol, bersodium dan rendah serat.
– Di restoran, biasanya Anda tidak tahu berapa banyak kalori atau gram lemak jenuh yang terdapat pada makanan yang Anda pesan.

Tapi tidaklah mustahil saat menikmati liburan dan makan makanan lokal tanpa membawa kelebihan berat badan saat pulang ke rumah. Rahasianya: pilihlah makanan secara bijaksana, bersikaplah “tidak berlebihan” sebagai mantra selama liburan, dan tetaplah aktif sebisa mungkin selama dalam perjalanan.

Ketika tiba di tempat tujuan, tanyalah pada petugas hotel atau penduduk lokal dimana restoran terdekat dan menu apa yang mereka tawarkan. Atau periksalah panduan restoran lokal untuk turis setempat, biasanya info ini tersedia di counter resepsionis yang ada di hotel-hotel begitu juga dengan bandara.

Akan lebih baik lagi, bahaslah makanan pilihan yang akan dimakan sebelum pergi. Carilah informasi dari petugas hotel dan mintalah saran tentang restoran. Jika memungkinkan, periksalah restoran tersebut lewat internet atau iklan seperti apa saja menu yang mereka tawarkan (tentunya, jika Anda memiliki akses internet via handphone).

Berikut tips-tips lainnya yang bisa membantu Anda tetap menjaga diet selama liburan:

1. Makanlah Sekali dalam Sehari

Untuk menjaga kalori dan uang selama perjalanan, cobalah untuk makan satu jenis hidangan dalam satu hari. Bawalah beberapa makanan pilihan di dalam tas, seperti oatmeal instan rendah gula, sereal dari biji-bijian, breakfast bar (cari merek yang rendah gula dan lemak jenuh tetapi tinggi protein dan serat). Anda juga bisa mencarinya di pasar lokal dan menyimpan stok buah-buahan segar di kamar hotel untuk sarapan pagi dan snack.

2. Minumlah Sesuatu yang Zero-Calorie
Anda tidak memerlukan beratus-ratus kalori dari minuman sebagai ekstra kalori yang akan Anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan. Berita baiknya biasanya di restoran-restoran tersedia banyak pilihan minuman tanpa kalori. Mintalah lemon atau jeruk limau untuk segelas air mineral dingin atau pesanlah teh tanpa gula yang dingin atau panas, kopi, sparkling water, club soda , atau diet soda.

Berita buruknya adalah alkohol dapat menjadi malapetaka bagi diet Anda saat liburan. Banyak dari kita cenderung untuk minum lebih saat liburan – mungkin frozen margaritas di siang hari dan beberapa gelas wine atau bir di malam hari. Setiap minuman beralkohol yang kita minum dapat melambungkan kalori sekitar 150 hingga 450 kalori.

3. Mengurangi Porsi Makan
Tidaklah mungkin menghalangi diri Anda menikmati makanan selama masa liburan. Sebagai gantinya, kurangilah porsi makanan Anda dengan memesan makanan dari menu anak-anak atau remaja, atau memesan hidangan pembuka sebagai hidangan utama. Anda juga bisa membagi makanan utama dengan partner atau teman makan Anda, atau simpanlah setengah atau makanan lain dan menyimpannya di dalam kulkas hotel.

4. Tanyalah Sang Pelayan Restoran dengan 4 Pertanyaan Berikut
– Saat makan di restoran, cobalah menanyakan lebih rinci mengenai makanan yang akan Anda pesan. Dimatangkan dengan cara apa? dan bagaimana penyajiannya. Kemudian Anda dapat memesan pilihan makanan Anda untuk dibuat dan dihidangkan secara berbeda, jika perlu. Sebagai contoh, daging yang digoreng sebagai gantinya dapat dipesan dengan di grill.
– Mintalah saus, gravy , dan dressing untuk disajikan sebagai pendamping sehingga Anda dapat menikmatinya dalam porsi yang simpel.
– Mintalah hidangan utama Anda disajikan dengan setup sayuran (tanpa butter atau saus) atau salad sebagai pengganti kentang goreng yang biasa.
– Jika bisa mintalah roti dari biji-bijian. Beberapa restoran menawarkan 100% roti dan buns yang terbuat dari gandum, roti dari biji-bijian yang dicampur pasta, tortillas, dan beras merah kukus.

5. Pesanlah Buah-buahan dan Sayuran Setiap Ada Kesempatan
Lihatlah kesempatan untuk memesan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat tinggi. Jika Anda memesan sesuatu seperti udang atau chicken quesadilla, Anda dapat meminta restoran tersebut untuk menambahkan beberapa sayuran panggang.

6. Berhati-hatilah dengan Bumbu
Beberapa jenis bumbu memiliki kalori dan lemak yang sangat tinggi, terutama krim saus dan olesan seperti mayonaise. Penentuan pilihan akan bumbu ini dapat menghasilkan kurang dari 25 kalori per sajian, seperti saus tomat, marinara, mustard, atau saus BBQ.

7. Pilihlah Ikan Saat Bersantap di Restoran
Mulailah menikmati seafood saat Anda makan di luar. Ini adalah langkah yang bagus untuk memenuhi kebutuhan ikan dan omega 3 mingguan Anda. Hindari ikan goreng atau goreng tepung. Sebagai gantinya carilah yang dipanggang (dan tanpa mentega). Jika sajian ikan tersebut dihidangkan bersama saus, pesanlah saus tersebut secara terpisah.

8. Waspadalah Terhadap Kudapan Ringan
Jika Anda sangat lapar saat duduk di restoran, camilan atau kudapan ringan yang ada di meja seperti roti, crackers, atau keripik dapat terlihat sangat enak. Tetapi setiap gigitan kecil pada camilan tersebut dapan menambah beratus-ratus kalori, dan membuat Anda kenyang sebelum makanan tiba. Jadi pesanlah kepada pelayan bahwa Anda tidak menginginkan camilan atau sebagai gantinya pesanlah minuman tidak berkalori dan salad atau hidangan pembuka lainnya.

9. Bagilah Dessert Anda
Bagian dari liburan adalah dengan menikmati hidup, dan bagian dari menikmati hidup adalah dengan memesan dessert saat Anda menginginkanya. Jika makanan yang Anda pesan membuat kenyang, Anda dapat memesan dessert dan menikmatinya nanti saat Anda merasa lapar kembali. Anda juga dapat berbagi desert dengan satu atau lebih teman makan Anda, baik saat di meja atau nanti.

Nah, buat mereka yang ingin tetap berdiet selama liburan bersama keluarga mungkin saja tips-tips diatas bisa menjadi acuan untuk tetap hidup sehat!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: