poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

8 Makanan Penting Dimakan Tiap Hari


8 Makanan Penting Dimakan Tiap Hari
Jakarta – Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai bagi seseorang, karenanya harus dijaga sebaik mungkin. Untuk mendapat tubuh yang sehat makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangatlah penting. Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari? Berikut info lengkapnya!

Siapa bilang makanan yang berguna dan menyehatkan tubuh selalu mahal. Ternyata makanan yang penting bagi tubuh tidaklah sulit didapatkan atau mahal harganya. Berikut delapan daftar makanan yang penting bagi tubuh dan baik dikonsumi setiap harinya:

1. Bayam

Bayam hanyalah berupa dedaunan hijau, tetapi bayam juga merupakan makanan penting terutama bagi pria. Cerita popeye mungkin bukan hanya isapan jempol belaka, karena bayam memang dapat membentuk otot bisep pada pria. Bayam juga kaya akan unsur tumbuhan dan folat, yang dapat mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan osteoporosis. Selain itu bayam juga mengandung lutein , senyawa yang melawan unsur penuaan pada tubuh.

2. Yogurt

Berbagai bangsa mengklaim yogurt berasal dari negara mereka, tetapi selama 2000 tahun manfaat dari makanan ini tidak diperdebatkan. Proses fermentasi menghasilkan ratusan dari jutaan organisme probiotik yang bertindak sebagai pembentukan kekuatan berupa batalion bakteri yang menguntungkan bagi tubuh, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentuk perlindungan terhadap kanker. Meskipun begitu tidak semua yogurt merupakan prebiotik, jadi pastikan dulu pada lebelnya tertera tulisan “live and active cultures”.

3. Tomat

Ada dua hal yang harus diketahui tentang tomat. Merah adalah warna yang bagus, karena warna tersebut mengandung zat antioksidan lycopene yang tinggi, dan tomat yang telah diolah memiliki besar kandungan zat yang sama seperti tomat segar, karena lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap lycopene. Studi memperlihatkan bahwa makanan rendah lemak mengandung lycopene yang tinggi dan dapat menurunkan resiko kanker kandung kemih, paru-paru, kulit, dan perut, seperti halnya mengurangi penyakit serangan pembuluh jantung.

4. Wortel

Kebanyakan buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, kuning, atau orange berhubungan dengan kandungan senyawa karoten yang mengurangi resiko dalam jumlah besar terhadap kanker, sebaik mengurangi resiko penyakit asma dan radang sendi atau encok. Meski begitu tak ada makanan lain yang mudah dipersiapkan, atau memiliki kandungan kalori yang rendah seperti halnya wortel.

5. Blueberry
Sumber dari antioksidan yang tinggi dibanding buah-buahan populer lainnya adalah bluebbery. Dimana buah ini dapat mencegah terjadinya kanker, diabetes, dan perubahaan memori alias penyakit lupa yang berhubungan dengan umur. Hasil studi juga telah membuktikan bahwa blueberry, merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin A dan C, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Black Bean
Semua jenis kacang-kacangan baik untuk jantung, namun dari kesemuanya tak ada yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak seperti black bean . Hal tersebut dikarenakan black bean memiliki kandungan penuh anthocyanin, yaitu senyawa antioksidan yang telah terbukti meningkatkan fungsi pada otak.

7. Walnut
Walnut ternyata memiliki kandungan omega3 yang penting buat jantung lebih daripada salmon, mengandung lebih banyak zat anti radang dibandingkan dengan wine merah, dan mengandung setengah protein pembentuk otot pada ayam.

8. Gandum
Keutamaan dari makananan sehat tersimpan pada gandum. Di Amerika gandum atau oats merupakan jenis makanan yang memiliki persetujuan sebagai makanan sehat yang pertama oleh FDA. Dalam gandum terkandung serat yang cepat larut dimana memiliki resiko yang sangat rendah terhadap penyakit jantung.

Nah, apakah salah satu makanan diatas sudah Anda konsumsi setiap hari? Jika belum jangan tunda besok mulailah sejak hari ini!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: