poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

5 Makanan Penghancur Kolesterol


5 Makanan Penghancur Kolesterol
Jakarta – Kolesterol merupakan satu masalah kesehatan yang cukup serius dan membuat kita harus membatasi apa saja yang bisa kita makan. Namun untuk mencegah tingginya kolesterol dalam tubuh ada solusinya. Coba saja konsumsi lima jenis makanan sehat berikut!

Banyak orang bilang, pola makan yang sehat adalah cara utama mencegah timbulnya kolesterol jahat dalam tubuh. “Memperbanyak makan buah dan sayur adalah salah satu cara menjaga tingkat kolesterol tetap dalam kondisi normal,” ujar Lisa Dorfman , ahli gizi sekaligus pembicara untuk American Dietetic Association. “Dengan mengkonsumsi makanan yang benar dan disiplin tinggi dapat membuat kolesterol jahat dalam tubuh berkurang dan meningkatkan kolesterol baik,” tambahnya.

Apa saja makanan yang baik untuk mencegah tingginya kolestrol dalam tubuh? Berikut 5 jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dalam makanan sehari-hari:

1. Almond
Berdasarkan hasil studi, mengkonsumsi seperempat cangkir almond sehari dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) hingga 4.4%. Menurut Leslie Bonci (Director of sports nutrition at University of Pittsburgh Medical Center) , dengan mengkonsumsi kacang-kacangan khususnya almond sangat baik karena kandungan lemak tak jenuh tunggal almond jauh lebih baik dibandingkan dengan camilan rendah lemak seperti pretzel. Tentu saja, kalori yang terkandung pun cukup tinggi, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit dan sajikan dengan cara di sangrai tanpa menggunakan minyak.

2. Oatmeal

Sudah banyak iklan yang mengatakan kalau mengkonsumsi hot cereal setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Hal ini bukan omong kosong belaka, menurunnya kolesterol ini karena kandungan serat larut yang tinggi pada oatmeal. “Serat larut inilah yang menyerap kolesterol dalam tubuh dan melarutkannya keluar dari bersama dengan kotoran,” jelas Bonci.

3. Ikan
Asam lemak omega-3 adalah salah satu lemak yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 ini banyak sekali ditemukan pada ikan, khususnya salmon, halibut, dan juga tuna. Menurut Lisa Dorfman, untuk mendapatkan 1,5 hingga 3 gram omega -3 perhari sebaiknya Anda mengkonsumsi sekitar 4 ons salmon, sehingga kebutuhan 3 gram omega-3 perhari terpenuhi. Untuk mendapatkan asam lemak sejenis Anda juga bisa mengambilnya dari walnut ataupun minyak ikan yang banyak dijual dipasaran. Meskipun hasilnya tidak seoptimal saat Anda mengkonsumsi salmon langsung.

4. Red Wine
Segelas red wine ternyata mengandung flavanols, yang terbukti sebagai anti-inflammatory atau peradangan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga menjaga jantung Anda. “Tapi tentu saja minum red wine ini dengan sedikit aturan, untuk wanita sebaiknya satu gelas sehari dan untuk pria dua gelas. Lebih dari itu justru bukan manfaat yang didapat,” tutur Bonci. Flavanols juga bisa ditemukan dalam buah anggur merah atau jus dan juga dark cocoa.

5. Kedelai
Kacang kedelai, edamame, ataupun olahan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, susu kedelai dapat membantu menurunkan dan mencegah timbunan kolesterol baru. Sekitar 25 gram protein kedelai perhari (atau sekitar secangkir edamame ) cukup memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh. Dan apabila Anda berisiko terkena kanker payudara atau kanker prostat mungkin sebaiknya sedikit mengurangi dari jumlah yang dianjurkan, karena kedelai dapat memicu hormon estrogen bekerja lebih banyak.

Dengan rajin mengkonsumsi makanan diatas kolestrol turun dan tubuh pun jadi sehat!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: