poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

10 Tips Camilan Sehat Anak


10 Tips Camilan Sehat Anak
Jakarta – Jika anak Anda suka menikmati camilan, bersiaplah untuk menawarkan suatu perubahan dalam menikmati makanan yang cepat lagi sehat. Mulailah dengan 10 tips camilan anak sehat berikut ini!

Mengemil adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang yang utama pada anak-anak – dan itu sebenarnya tidak sepenuhnya buruk. Sebab mengemil dapat membantu anak-anak Anda mengatasi rasa lapar sepanjang hari, seperti menyimpan energi dan nutrisi penting. Tetapi kualitas snack atau camilan tersebut adalah kuncinya. Pertimbangkanlah 10 tips agar camilan anak jadi lebih sehat:

1. Jangan Menyimpan Junk Food Dalam Rumah: Anak Anda tidak akan menuntut kue atau permen jika Anda tidak menyimpannya. Sebagai gantinya, cobalah memberi contoh yang baik dengan menikmati makanan sehat untuk diri Anda sendiri.

2. Snack Dari Biji-bijian: Pilihlah snack atau camilan yang terbuat dari biji-bijian. Seperti kue kering yang terbuat dari gandum atau tortila dan snack yang berserat tinggi, dimana sereal dari biji-bijian bisa memberikan anak Anda energi dengan kekuatan yang lebih lama.

3. Memadupadankan Makanan: Hidangkan wortel atau sayuran mentah lainnya dengan saus bebas lemak. Celupkan biskuit cracker atau buah-buahan segar dalam yoghurt bebas lemak. Oleskan selai kacang diatas permukaan daun seledri, apel, atau pisang.

4. Perbanyak Pilihan Menu:
Tawarkan pilihan makanan yang berbeda dari biasanya, seperti nenas, cranbery, mangga, atau kacang kedelai bakar.

5. Perluas Sarapan: Kebanyakan sarapan pagi – makanan yang memiliki kandungan gula rendah, seperti sereal biji-bjian dan roti bakar gandum – dapat menjadi snack siang yang sehat. Begitu pula, seporsi kecil casserole yang dibuat makan malam dapat dibuat double sebagai snack setelah pulang sekolah.

6. Memaniskan Makanan: Makanan sehat untuk anak-anak juga perlu cita rasa. Untuk memuaskan rasa manis pada anak, cobalah untuk menawarkan pudding bebas lemak, frozen yoghurt atau buah-buahan beku. Atau gunakan skim milk, yoghurt bebas lemak dan buah-buahan segar untuk membuat smoothies versi sendiri.

7. Bersenang-senanglah:
Gunakan pisau kue untuk membuat bentuk potongan keju rendah lemak, roti gandum atau tortila gandum. Makanlah irisan buah-buahan dengan sumpit atau atau buatlah kebab dari buah-buahan. Buatlah tower dari biskuit gandum, rangkaian kata dengan stick dari kue kering, atau buatlah bentuk muka yang lucu di piring dengan menggunakan beragam buah-buahan.

8. Dukung Kebebasan: Pilihkan sayur-sayuran yang siap untuk dimakan di dalam kulkas. Taruhlah buah-buahan segar dalam mangkok di atas meja. Sediakan gula rendah kalori, sereal biji-bijian dan buah-buahan dalam kaleng dan jus kotak dalam lemari yang mudah dijangkau.

9. Jangan Diperdaya Oleh Lebel Palsu: Makanan yang dipasarkan sebagai makanan rendah lemak atau bebas lemak tetap bisa memiliki kandungan kalori yang tinggi. Begitu juga dengan makanan yang dianggap bebas kolestrol masih dapat mengandung lemak yang tinggi, lemak jenuh dan gula. Periksalah label nutrisi untuk mencari tahu info lengkapnya.

10. Membatasi Zona Makanan:
Batasi untuk mengkonsumsi makanan di dapur. Hal tersebut akan mengurangi kalori dari pikiran untuk mengemil didepan televisi. Jika anak Anda butuh membawa snack untuk berpergian, tawarkan mereka keju, yoghurt, atau sereal.

Ajarkan anak Anda untuk membuat pilihan camilan yang sehat mulai sekarang agar ia selalu berpikir untuk menikmati camilan sehat seumur hidup mereka. Mulailah sekarang juga!

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: