poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

10 Kiat Menyantap Sayur dan Buah Segar


10 Kiat Menyantap Sayur dan Buah Segar
Jakarta – Sayuran dan buah segar merupakan sumber vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menangkal virus flu terutama flu babi, konsumsi buah dan sayur segar sangat penting. Coba ikuti 10 kiat praktis meningkatkan konsumsi buah dan sayur segar ini!

Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat penting yang dapat berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya. Oleh karena itu setiap orang dianjurkan untuk makan lebih banyak mengkonsumsi jenis buah dan sayuran setiap hari. Namun tidak setiap orang bisa memenuhi kebutuhan akan buah dan sayuran segar. Perlu strategi agar konsumsi buah dan sayuran segar untuk kebutuhan minimal tubuh bisa dipenuhi.

Caranya ternyata tidak sulit, coba saja praktekkan 10 tips berikut ini:

  • Taruhlah buah-buahan segar di tempat yang mudah dijangkau oleh anggota keluarga. Misalnya, taruh dalam wadah atau keranjang di tengah meja makan sehingga mudah terlihat dan diambil.
  • Cuci dan potong-potong buah-buahan sehingga siap makan. Taruh buah-buahan siap makan ini dalam kotak bertutup di lemari es. Setiap saat bisa dimakan!
  • Tambahkan buah-buahan pada makanan yang Anda buat untuk menambah tekstur, warna dan rasa. Misalnya, tambahkan jeruk Mandarin pada salad dan tambahkan potongan nenas pada pizza.
  • Gunakan buah-buahan segar untuk dessert. Misalnya koktail buah atau apel panggang yang rasanya segar dan enak.
  • Pilih buah-buahan untuk camilan. Apel, jeruk, pisang sangat prkatis dibawa dan bisa dimakan di perjalanan kapan saja.
  • Biarkanlah anak Anda ikut membantu. Anak-anak dapat memilih sayuran dan buah yang mereka suka serta dapat dilibatkan dalam mempersiapkan makanan di rumah.
  • Buatlah kreasi yang menarik. Tusuki potongan aneka buah segar seperti satai. Atau buatlah smoothies dari buah-buahan segar yang pasti disukai anak-anak.
  • Jadikan buah segar sebagai topping segala sajian. Bisa untuk topping pancake, sereal, es krim atau wafel.
  • Cobalah mengkonsumsi sayuran beku atau buah-buahan kalengan jika sedang tidak tersedia pada musim tertentu.
  • Berbelanjalah di pasar tradisional agar hemat dan mendapatkan buah dan sayur terbaik. Jika mendapatkan sayuran atau buah-buahan yang belum biasa Anda makan, jangan segan membeli dan mencicipinya!

Nah, karena nutrisi yang didapat dari buah-buahan dan sayuran itu penting. Tak ada salahnya untuk mempraktekkan kiat-kiat di atas dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

Iklan

Maret 1, 2011 - Posted by | Tips Hidup Sehat

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: