poojetz >> Puji Astuti

perkataan pertama adalah yang keluar dari hati

Kabayan Sang Penakluk


Kabayan yang keasikan mengantar Clara mencari makam Xiang Poek, membuat Iteung dibakar cemburu. Apalagi orang lain memanas-manasi. Ditambah lagi, saat selamatan yang diadakan Kades untuk syukuran atas keberhasilan Kabayan membongkar sindikat Uyut Keramat, Kabayan dan Clara tidak hadir.

Berkat petunjuk Aliong dan Kimnio yang mengaku masih keturunan Xiang Poek, akhirnya Kabayan dan Clara sampai ke kuburan Xiang Poek dan para prajuritnya yang ditutupi ilalang. Kabayan yang dihantui oleh mimpi buruk kehadiran Uyut Keramat melompat-lompat seperti vampir Cina, menceritakannya pada Clara dengan cara yang membuat Clara ketakutan. Kabayan menirukan gaya vampir dengan melompat-lompat melompati kuburan Xiang Poek. Akibat ulah Kabayan itu, terjadi goncangan seperti gempa di kuburan Xiang Poek. Clara dan Kabayan lari terbirit-birit.

Selamatan yang diselenggarakan Kades berakhir dengan kecemburuan Iteung yang kian memuncak. Pasalnya Kabayan dan Clara datang sambil berlari dan berpegangan tangan. Iteung tidak mau didekati Kabayan meskipun suaminya terus berusaha membujuknya.

Ternyata ulah Kabayan itu membangkitkan Xiang Poek. Namun Xiang Poek hendak melakukan perhitungan terhadap Kabayan yang dianggap sudah menodai kehormatannya. Kehadiran Xiang Poek sempat membuat heboh para peronda yang sedang sedang berjaga malam itu. Mereka kemudian minta tolong Kabayan yang pada saat itu hampir rukun kembali dengan istrinya. Mengetahui kemunculan Xiang Poek, Kabayan berusaha menghindar. Tapi Abah Ontohod mendorongnya dengan cara memuji-muji Kabayan sebagaimana diucapkan Kades dalam selamatan.

Saat Kabayan pergi, Xiang Poek datang ke rumah Abah dan membuat mereka ketakutan. Untung Kabayan cepat datang menolong. Tentu saja menolong dalam arti mengalihkan perhatian Xiang Poek. Kini justru dialah yang dikejar-kejar dan ditangkap Xiang Poek.

Februari 9, 2011 - Posted by | Kabayan |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: